.

Senin, 25 Januari 2010

Memotret dengan modus hitam putih (BW)



Foto hitam putih memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan foto berwarna, karena dibalik kesederhanaannya, foto hitam putih memiliki kekuatan dalam penonjolan karakter maupun tekstur. Elemen hitam putih dalam fotografi dapat memperkuat kesan dramatis, misterius tapi tetap abadi tak lekang dimakan waktu. Persis seperti ketika saya membolak-balik foto hitam putih waktu saya kecil dulu, sisi memorinya bisa dengan kuat tertangkap tapi tidak pernah membosankan.


Berikut ada tips tentang bagaimana menghasilkan foto hitam putih yang baik :

1 . Memberi perhatian pada tekstur.

Unsur hitam putih akan terlihat lebih kuat dan nyata pada obyek yang bertekstur dan obyek yang memiliki pola berulang-ulang. Misalnya; keriput pada wajah orang tua, tiang-tiang pada bangunan tua yang tertimpa cahaya dari samping. Jadi jika anda bertemu dengan obyek yang memiliki tekstur atau pola yang sekiranya bagus untuk dibuat foto hitam putih, jangan takut untuk bereksperimen

2 . Memberi perhatian pada kontras.

Fotografi hitam putih adalah tentang menangkap obyek hitam, putih dan nada tone diantaranya. Carilah obyek yang mengandung perbedaan hitam putihnya nyata, karena obyek yang mengandung kontras yang tinggi akan menjadi sebuah foto hitam putih yang enak untuk dilihat.

3 . Ambillah foto dalam modus warna.

Hal ini khususnya ditujukan bagi para pengguna kamera digital. Modus warna pada kamera digital akan merekam rentang warna dengan lebih baik, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih luwes dalam nada warna ketika akan dikonversikan ke dalam hitam putih lewat software editing foto.

4 . Perhatikan cahaya dari samping.

Cahaya dari samping atau sidelighting adalah cara yang paling efektif untuk mengangkat tekstur pada obyek dan menciptakan variasi yang dinamis antara sisi terang dan sisi gelapnya. Efeknya sangat bagus bila diterapkan pada foto hitam putih. Sumber cahaya samping yang alami adalah matahari pagi dan sore.

5 . Melihat dalam hitam putih.

Latihlah mata anda untuk melihat sebuah obyek dalam nada hitam putih. Dengan banyak berlatih, nantinya mata anda akan terbiasa untuk melihat mana obyek yang baik untuk dijadikan foto hitam putih dan mana yang tidak.

Demikian artikel saya, semoga membantu

Salam jepret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar